Menghindari Makanan Penderita Maag

Menghindari makanan Penderita maag, gastritis atau sakit maag bisa menyebabkan disfungsi pencernaan dan menimbulkan rasa nyeri yang menyiksa. Kondisi ini mengakibatkan peradangan selaput perut, yang bisa dipicu oleh berbagai hal, termasuk pertumbuhan bakteri yang berlebihan, konsumsi alkohol yang berlebihan, pola makan yang buruk atau penggunaan obat obatan tertentu dalam kurun waktu yang lama. Berikut adalah makanan yang sebaiknya di hindari oleh penderita maag.

Setiap orang memiliki reaksi berbeda terhadap suatu makanan. Karena itu, Anda harus mencari tahu makanan apa yang dapat memicu maag Anda. Bumbu seperti lada biasanya dapat meningkatkan asam lambung dan dapat mengiritasi perut.

Sementara itu, makanan yang mengandung cokelat pedas, atau tinggi lemak juga dapat mengiritasi perut. Minuman yang mengandung alkohol atau kafein juga dapat menaikan asam lambung.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang mungkin perlu Anda batasi atau hindari bila menderita sakit maag:

Minuman:

– Cokelat panas dan minuman bersoda
– Susu dan susu cokelat
– Peppermint dan teh mint
– Kopi
– Teh hijau atau hitam
– Minuman yang mengandung alkohol
– Jeruk dan jus jeruk

Rempah-rempah dan bumbu:

– Merica
– Bubuk bawang putih
– Bubuk cabai

Makanan lain:

– Makanan yang terbuat dari susu atau krim
– Makanan pedas
– Daging tinggi lemak
– Produk tomat, seperti pasta tomat, saus tomat, atau jus tomat

Untuk mencegah sakit maag kambuh, berhentilah makan minimal 2 jam sebelum tidur. Anda juga sebaiknya tidak makan terlalu banyak dalam satu waktu. Sebaiknya, makanlah sedikit demi sedikit dalam waktu kurun yang tidak terlau jauh.

Posted by: obatmaagkronis.aldotter.com